Survei Lapang GEOVETSUKO TEAM: Kompleksitas Banjir Bandung Selatan

GEOVETSUKO TEAM, sebagai satu dari lima tim terpilih dalam Shapefor Better Community (SBC2019): a geospatial hackaton, terjun langsung di lokasi banjir Bandung Selatan yang tepatnya di Kelurahan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Survei dilakukan dalam mengidentifikasi kondisi prasarana pengelolaan sumberdaya air berupa penampungan air (retention pond) yang berada di RW9, prasarana drainase di RW 9, 17, dan 18.
Didampingi oleh relawan setempat, Geovetsuko Team melakukan penyisiran lokasi yang memiliki riwayat banjir dan melakukan interaksi dengan warga setempat unutk mengetahui seputaran kejadian banjir dan adaptasi mereka. Hasil observasi menunjukkan bahwa masyarakat melakukan adaptasi dengan cara membangun rumahnya dengan meninggikan lantai rumah hingga sekitar 1,5 meter dari permukaan tanah aslinya. Bentuk adaptasi lainnya adalah dengan membuat rumah mereka menjadi dua lantai.

Catatan pentuing lainnya adalah semangat siswa siswi di Baleendah dalam menuntut ilmu. Meskipun rumah mereka terendam banjir, semangat siswa siswi untuk sekolah tetap tinggi. Banyak dari mkereka, pada saat banjir melanda, harus menggunakan perahu atau ban sebagai pelampung untuk melewati genangan air yang dapat mencapai 2-3 meter. Semangat terus belajar ini memberikan kesan pada Geovetsuko Team bahwa masih ada harapan untuk menyelesaikan permasalahan banjir dari kalangan muda yang tangguh ini.

Komentar